ARGUING
Pengertian Arguing :
A. Give reasons or cite evidence in
support of an idea, action, or theory, typically with the aim of persuading
others to share one's view. (Memerikan
alasan atau menyebutkan bukti untuk mendukung suatu tindakan, ide, atau teori,
biasanya dengan tujuan membujuk orang lain untuk berbagi pandangan seseorang)
B. Persuade someone to do or not to do
(something) by giving reasons. (Membujuk
seseorang untuk melakukan atau tidak melakukan (sesuatu) dengan memberikan
alasan)
Example
:
Argument : "No Scotsman puts sugar on his porridge."
Reply : "But my friend Angus
likes sugar with his porridge.”
Rebuttal : "Ah yes, but no true Scotsman
puts sugar on his porridge."
Grammar: Conjunctions
Conjunctions dalam bahasa Indonesia disebut sebagai
kata hubung. Conjunctions
itu misalnya seperti and,
or, but, after, before, when, until, since, because, dsb.
Conjunctions itu ada tiga jenis loh. Pertama adalah coordinating conjunctions.
Kedua yaitu correlative
conjunctions dan yang terakhir adalah subordinating conjunctions.
Ok, kita mulai
dari yang pertama dulu ya, coordinating
conjunctions. Kata hubung yang diliputi oleh coordinating conjunctions
yaitu and, or, nor, but,
after, before, when, until, since, because, for, yet, so, dan
sebagainya.
Berikut di
bawah ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan coordinating conjunctions.
1. “Liam and Noel came to Manchester a few
years ago.”
[Liam dan Noel
datang ke Manchester beberapa tahun yang lalu]
2. “I couldn't decide whether I should
read a book or clean the house.”
[Saya gak bisa
nentuin antara harus baca buku atau membersihkan rumah]
Coordinating conjunctions pada contoh kalimat 1 adalah “and”, sementara pada
contoh kalimat 2 adalah “or”.
Kita lanjut ya
ke kata hubung kedua yaitu correlative
conjunctions. Penggunaan correlative
conjunctions terbilang khusus karena jika kita menggunakan kata
hubung ini, kita mesti membutuhkan kata hubung lainnya sehingga dihasilkan dua
kata hubung yang saling berpasangan.
Bentuk-bentuk correlative conjunctions misalnya
seperti either/or,
neither/nor, both/and, not only/but also.
Di bawah ini
adalah beberapa contoh kalimat yang dibentuk menggunakan correlative conjunctions nih.
1. “The rain ruined not only the
flowers, but also the grass.”
[Hujan telah
merusak tidak hanya bunga-bunga, tetapi juga rerumputan.]
2. “Both Liam and Noel were late.”
[Keduanya,
baik Liam and Noel, telat.]
3. “Neither John nor Paul came to that
music festival.”
[Baik John
ataupun Paul gak datang ke festival musik tersebut.]
4. “We’re not sure where Mr. Brown’s
from. He’s either Indonesian or British.”
[Kita gak
yakin dari mana Bapak Brown berasal. Dia antara orang Indonesia atau Inggris]
Nah, sekarang
masuk ke pembahasan kata hubung terakhir, subordinating
conjunctions. Subordinating
conjunctions digunakan untuk menghubungkan dua klausa. Dua klausa
yang dimaksud adalah “dependent
clause” dan “independent
clause”. Klausa yang gak bisa berdiri sendiri disebut dependent clause,
contohnya “although it
was raining". Sedangkan independent
clause kebalikannya, contohnya seperti “I went swimming".
Oh ya, alasan
mengapa klausa “although
it was raining” disebut dependent
clause karena dia gak bisa jadi complete
english sentence. Coba kalo peratiin “meskipun hujan”, gantung kan
jadinya? Beda dengan klausa “I
went swimming" yang disebut independent
clause karena dia bisa jadi complete
english sentence.
Jadi, kalo dua
klausa itu digabung menjadi satu, terbentuklah suatu kalimat yang lengkap.
"Although it was raining, I went swimming"
[Meskipun
hujan, gue tetep berenang]
Nah, yang
menjadi subordinating
conjunctions pada kalimat di atas adalah “although”. Intinya, subordinating conjunctions menghubungkan
dependent clause
dengan independent
clause.
Contoh lainnya
nih:
“You need to collect your homework before the teacher leaves the class.”
[Kamu harus mengumpulkan PRmu sebelum guru meninggalkan kelas.]
[Kamu harus mengumpulkan PRmu sebelum guru meninggalkan kelas.]
Di kalimat
tersebut before
merupakan subordinating
conjunctions.
Used to
Used To
FORM
[used to + VERB]
Example:
- I used to go to the beach every day.
It is better not to use "used to" in questions or
negative forms; however, this is sometimes done in informal spoken English. It
is better to ask questions and create negative sentences using Simple Past.
USE 1 Habit in the Past

"Used to" expresses the idea that something was an old habit that stopped in the past. It indicates that something was often repeated in the past, but it is not usually done now.
Examples:
- Jerry used to study English.
- Sam and Mary used to go to Mexico in the summer.
- I used to start work at 9 o'clock.
- Christine used to eat meat, but now she is a vegetarian.
USE 2 Past Facts and Generalizations

"Used to" can also be used to talk about past facts or generalizations which are no longer true.
Examples:
- I used to live in Paris.
- Sarah used to be fat, but now she is thin.
- George used to be the best student in class, but now Lena is the best.
- Oranges used to cost very little in Florida, but now they are quite expensive.
"Used to" vs. Simple Past
Both Simple Past and
"Used to" can be used to describe past habits, past facts and past
generalizations; however, "used to" is preferred when emphasizing
these forms of past repetition in positive sentences. On the other hand, when
asking questions or making negative sentences, Simple Past is
preferred.
Examples:
- You used to play the piano.
- Did you play the piano when you were young?
- You did not play the piano when you were young.
ACTIVE / PASSIVE
Examples:
- Jerry used to pay the bills. Active
- The bills used to be paid by Jerry. Passive
Noun clause
Pengertian Noun Clause
- Noun Clause adalah dependent clause yang berfungsi sebagai noun (kata benda).
- Klausa kata benda ini dapat berfungsi sebagai subject maupun object didalam suatu clause atau phrase lain.
- Karena berfungsi sebagai kata benda, maka dapat digantikan dengan pronoun “it“.
Contoh:
- I forgot the fact. (noun)
- I forgot it. (pronoun)
- I forgot that the fact was very important. (noun clause)
Rumus Noun Clause
Noun clause
dapat diawali oleh noun clause markers berupa question word,
if atau whether, dan that. Adapun contoh noun clause
pada clause lain beserta detail marker-nya dapat dilihat
pada tabel sebagai berikut.
Marker
|
Detail
|
Contoh
Noun Clause dalam Kalimat
|
Question Word
|
Question word:
what(ever), what (time, kind, day, etc), who(ever), whose, whom(ever), which(ever), where(ever), when(ever), how (long, far, many times, old, etc) |
The class listened carefully what the teacher
instructed.
(Seluruh kelas mendengarkan dengan teliti apa yang guru instruksikan.) |
The kitten followed wherever the woman went.
(Anak kucing mengikuti kemanapun wanita itu pergi.) |
||
Many people imagine how many time the man was
failed before success.
(Banyak orang membayangkan berapa kali pria itu gagal sebelum sukses.) |
||
if
atau whether
|
biasanya digunakan untuk kalimat jawaban dari
pertanyaan yes-no question
|
Where does Leo live?
(Dimana leo tinggal?)I wonder if he lives in West Jakarta. (Saya pikir dia tinggal di Jakarta Barat.) |
Is Leo live on Dewi Sartika Street?
(Apakah Leo tinggal di jalan Dewi Sartika?)I don’t know if he live on Dewi Sartika Street or not.
atau
I don’t know whether or not he lives on Dewi
Sartika street.
(Saya tidak tahu jika dia tinggal di jalan Sartika atau tidak.) |
||
that
|
biasanya that-clause untuk mental
activity. Berikut daftar verb pada main
clause yang biasanya diikuti that-clause:assume, believe,
discover, dream, guess, hear, hope, know, learn, notice, predict, prove,
realize, suppose, suspect, think
|
I think that the group will arrive in an hour.
(Saya pikir rombongan itu akan tiba dalam satu jam.) |
Many people proved that the man was a big liar.
(Banyak orang membuktikan bahwa pria itu pembohong besar.) |
Fungsi Noun Clause
Berikut adalah contoh kalimat dari setiap fungsi noun
clause.
Fungsi
|
Contoh
Noun Clause dalam Kalimat
|
|
Subject of a Verb
|
What she cooked
was delicious.
|
|
That today is his birthday
is not right.
|
||
Subject complement
|
The fact is that she is smart and dilligent.
|
|
A teacher must be whoever is patient.
|
||
Object of a Verb
|
Diana believes that her life will be happier.
|
|
I want to know how Einstein thought.
|
||
The girl comes from where many people there live
in poverty.
|
||
He will attend the party with whichever fits to
his body.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar